Breaking News

Sambut HUT Ke 78 RI, IPJI Jakarta Barat, Katar dan FKDM Kelurahan Pekojan Adakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar


js.onenews.co.id - Jakarta Barat, DKI Jakarta - Dalam rangka menyambut HUT Ke-78 Republik Indonesia, Dewan Pimpinan Cabang Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia Kota Administrasi Jakarta Barat (DPC IPJI Jakarta Barat) bersama Karang Taruna (Katar) dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kelurahan Pekojan, menggelar kegiatan Pelatihan Jurnalistik tingkat Dasar dengan tema "Membentuk Generasi Jurnalis Anti Hoax" yang dilaksanakan di Aula Kelurahan Pekojan Kecamatan Tambora Jakarta Barat, Senin (21/8/2023). 

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPW IPJI Provinsi DKI Jakarta Heri Soelaiman, S.H., Dewan Pembina Katar Jakarta Barat H. Abdul Azis Muslim, S.H., Lurah Pekojan Syaiful Fuad Rohadi, Kasie Komunikasi dan Informasi Publik Sudin Kominfotik Jakarta Barat Menta Basita Bangun.

Dalam sambutannya Ketua IPJI DKI Jakarta Heri Soelaiman, S.H. mengatakan, 'Kegiatan pelatihan jurnalistik ini diharapkan agar para generasi milineal dapat lebih memfilter setiap informasi yang beredar di masyarakat terlebih media sosial sebagai sarana penyebaran informasi yang seringkali menjadi media penyebaran berita-berita hoax," ujarnya. 

Selain itu, H. Abdul Azis Muslim, S.H., selaku Dewan Pembina Katar Jakarta Barat mengucapkan, "Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung atas terlaksananya acara ini, terutama kepada pihak-pihak yang sudah mendukung Katar sebagai Panitia Pelaksana agar acara ini bisa berjalan dengan lancar dan dapat menjadi pengalaman yang sangat berharga terutama dalam mencegah berita hoax," tuturnya. 

Dalam sambutan Lurah Pekojan Syaiful Fuad Rohadi menerangkan bahwa, "Katar sebagai organisasi yang mewadahi para generasi muda kiranya dapat mengembangkan potensi secara mandiri terutama dalam membuat kegiatan-kegiatan positif yang dapat bermanfaat bagi pribadinya dan lingkungan sekitar," ucap Syaiful. 

Dalam sambutan sekaligus membuka acara, Sudin Kominfotik Jakarta Barat yang diwakili Kasie Komunikasi dan Informasi Publik Sudin Kominfotik Jakarta Barat Menta Basita Bangun berharap, "Kepada katar agar para generasi muda untuk tidak mudah menerima setiap informasi tanpa lebih dahulu mencari tahu kebenaran informasi tersebut agar terhindar dari berita-berita hoax," ucap Menta. 

Pelatihan Jurnalistik tingkat Dasar yang antusias diikuti oleh peserta tersebut dimoderatori oleh Johan Sopaheluwakan, S.Pd., C.EJ., C.BJ. yang adalah Pemimpin Redaksi The Journalist Society Post dan dengan menghadirkan nara sumber M. Helmi Romdhoni selalu Ketua Kelompok Kerja Wartawan Kota Tua Jakarta di Sesi I mengangkat topik "Pengenalan Dunia Jurnalistik".

Nara sumber kedua mengangkat topik "Pemahaman UU Pers No. 40 Tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalistik" yang disajikan oleh Juriska Fratiwi, S.H. adalah Pengamat Publik dengan seabrek kegiatan berorganisasinya. 

Nara sumber ketiga tak kalah menariknya seorang Pemimpin Redaksi di Media Detikline.com dan beberapa media lain yang dibesutnya mengangkat topik "Tata Cara Peliputan dan Penulisan Artikel".

Sesi tanya jawab menjadi kegiatan yang menarik karena antusias peserta dalam menyampaikan pertanyaan kepada para nara sumber yang ditutup dengan kegiatan Uji Materi atas kegiatan Pelatihan Jurnalistik tingkat Dasar tersebut. 

Sesi foto bersama menjadi pamungkas acara sebagai bukti sejarah di Kelurahan Pekojan ada Ilmu Jurnalistik diajarkan kepada generasi penerus bangsa yang akan melakukan pemberitaan atau kegiatan Jurnalistik yang menghindari berita hoax. 

Reporter: Johan Sopaheluwakan
© Copyright 2022 - JS ONE NEWS