Breaking News

Dinas koperasi UKMPP Gelar Gebyar Bazar UMKM bersama PSPB dan VAC Sumedang


js.onenews.co.id - Sumedang, Dinas koperasi UKMPP bekerjasama dengan PSBS (Persatuan Seniman dan Budayawan Sumedang), berkolaborasi dengan grup komunitas persatuan Vespa Antik Club (VAC) Sumedang menggelar Gebyar bersama Bazar UMKM di Lapangan Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS).

Rangkaian Pembukaan bazar sekaligus pengukuhan pengurus PSBS diresmikan langsung oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, kemarin, Jumat malam, 7 Juli 2023. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menyampaikan apresiasi atas diselenggaraannya kegiatan Gebyar UMKM yang diinisiasi oleh PSBS berkolaborasi dengan VAC Sumedang. 

"Saya apresiasi sebesar besarnya PSBS dan VAC yang telah berkolaborasi, kompak mewujudkan sebuah kegiatan yang sangat baik," ujarnya. 

Bupati mengatakan bahwa Gebyar UMKM tmenjadi sebuah wadah dalam menyalurkan dan menggali potensi seniman dan budayawan serta mengembangkan UMKM di Kabupaten Sumedang. 

"Berbagai acara dalam gebyar UMKM ini merupakan wahana untuk mengembangkan minat bakat para seniman dan budayawan. Lebih dari itu, UMKM-nya bisa menggerakkan ekonomi yang ada di Sumedang," ujar Bupati. 

Lebih dari itu, kepada pengurus PSBS yang baru dikukuhkan, bupati berharap bisa langsung membuat program kerja yang bisa berdampak terhadap kemajuan budaya di Sumedang.

Sementara disampaikan ketua panitia sekaligus kabid UMKM Kabupaten Sumedang, wuddan Lukmanul Hakim, S.STP., M.Si, menurutnya, Bazar UMKM dilaksanakan ini sebagai upaya pemulihan ekonomi pasca Pandemi covid-19.

"Alhamdulillah dari tiga Kegiatan gebyar UMKM selain di PPS, acara di selenggarakan juga di kecamatan Tanjungsari, ITB dan di acara BPDB, insyaallah UMKM selalu hadir dalam setiap kegiatan," Ujarnya.

Lanjut Wuddan, yang mengisi kegiatan ini pelaku UMKM ada 40 tenan, dengan 1 tenan itu ada 2 pelaku UMKM, mengingat temanya adalah Bazzar UMKM jadi lebih banyak melibatkan pelaku UMKM.

Adapun untuk produk produk UMKM nya mulai dari makanan olahan, minuman, fashion, kerajinan sampai dengan jasa desain pakaian ataupun desain produk dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan itu Gungun selaku Ketua Komunitas Vespa Antiq Club (VAC) Kabupaten Sumedang, menyampaikan acara ini adalah bentuk suka cita kami, karena komunitas VAC Sumedang yang memiliki 200 anggota ini tengah berulang tahun yang pertama kalinya di Sumedang, merupakan suatu kebanggaan kami bisa berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang. 

"Untuk merayakannya, VAC menggelar event “Anniversary 20 Dasa Warsa”, komunitas VAC menyuguhkan berbagai rangkaian acara diantaranya senam simpati, donor darah, cek kesehatan, safety riding, rolling keliling Kota Sumedang, festival band, festival band etnik, fashion show dan live musik", Jelasnya

Masih menurut Gungun, diadakannya perayaan anniversary 2 Dasa Warsa (20thn) bertujuan agar bisa menjadi wadah komunikasi antar anggota yang bisa menambah erat tali persaudaraan, dan menjaga kekompakan serta menjalin silaturahmi VAC dengan warga Sumedang. Grup VAC yang Hadir saat ini sekitar 35 Cabang tingkat Kabupaten/ Kota.

"Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua jajaran jabursilan, satuan tatib VAC, Polres Sumedang, Satpol PP, Kodim/ Koramil dan Dishub kab. Sumedang yang telah banyak membantu keamanan dalam kegiatan ini. 

Harapan Gungun dengan adanya kegiatan ini semoga dapat dijadikan percontohan bagi cabang cabang VAC lainnya, karena kegiatan kolaborasi seperti ini akan menjadi ajang silaturahmi dan pendapatan positif dengan Pemerintah Daerah masing masing.

(Hani Isma@)
© Copyright 2022 - JS ONE NEWS